SIKAP TEGAS KH. M. NAJIH MAIMOEN TERKAIT KEPUTUSAN MUSYKIL MUNAS NU DI BANJAR, JAWA BARAT

بسم الله الرحمن الرحيم

Kamis, 28 Februari 2019, Munas NU di Kota Banjar, Jawa Barat memutuskan bahwa “Non-Muslim Bukan Kafir, Mereka Warga Negara” (nu.or.id). Menaggapi hal tersebut, kami perlu sampaikan beberapa hal:

  • Non-Muslim adalah kafir sebagaimana yang tertera jelas dalam Nash-nash Al-Qur’an, Hadits dan Kutubussalaf. Meskipun dalam Fiqih Islam, ada beberapa istilah seperti harbi, dzimmi, musta’min dan mu’ahid, namun sifat kafir itu tetap melekat dalam diri mereka dan tidak bisa dihilangkan. Jika mereka enggan disebut kafir, terus maunya disebut apa?!. Kalau cuma dinamakan warga negara, kami khawatir suatu saat nanti kita (umat Islam pribumi) disebut WNA, sedang mereka (kafir pendatang) disebut WNI.
  • Keputusan Munas NU di atas semakin mempertegas posisi NU sekarang yang alergi terhadap istilah-istilah Qur’ani dan Musthalahat Ulama yang justru berimplikasi menghapus lafadz, makna dan hukum serta substansi yang terkandung di dalamnya. Inilah wajah liberalisasi Islam yang terorganisir secara masif. Yahudi-Nasrani saja yang notabenenya Ahlul Kitab, disebut kafir oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, apalagi Hindu, Budha, Konghucu, Komunis, Atheis atau Komunis Gaya Baru (mengakui tuhan tapi menolak ajaran agamanya). Allah SWT dan Rasulullah SAW menegaskan:

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُوْلَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ  (البينة: 6) قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ (الكافرون: 1) لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ. لَّقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ  (المائدة: 72-73)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ قَالَ: “وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لاَ يَسْمَعُ بِي أَحَدٌ مِنْ هذِهِ الأُمَّةِ يَهُودِيٌّ وَلاَ نَصْرَانِيٌّ، ثُمَّ يَمُوتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ، إِلاَّ كَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ” (رواه مسلم)

  • Dilegalkannya kepemimpinan kafir-Non Muslim dan membolehkan memilihnya dalam kontestasi Pileg, Pilkada, Pilgub dan Pilpres, serta penghapusan kata “kafir” sebagaimana yang dihasilkan Bahtsul Masail GP Ansor, Munas NU di NTB dan Munas NU di Banjar merupakan bukti konkrit bahwa NU era sekarang seakan telah ‘memvulgarkan’ keliberalan organisasinya, yang dulunya hanya dicemari oleh statement oknum-oknum liberal seperti Masdar Farid Mas’udi, Said Aqil Siradj, Ulil Abshar Abdalla dan Sang Maha Guru mereka. Namun NU kini tidak segan-segan mempercayakan urusan Bahtsul Masail (sebagai perumus atau mushahhih) kepada gembong liberal, Abdul Muqsith Ghozali cs.
  • Orang-orang yang harus tanggung jawab dunia akhirat atas keputusan Bahtsul Masail Maudluiyah yang menyalahi syariat; KH. Miftahul Akhyar, KH. Subhan Ma’mun, Prof. Muhammad Ahsin, Masdar Farid Masudi, Yahya Cholil Staquf, Abdul Ghofur Maimun Zubair, H. Asrorun Niam Sholeh, Said Aqil Siroj, H. Marsudi Syuhud, H. Helmi Faishal Zaini.
  • Apakah keputusan Munas NU di Banjar ini ada hubungannya dengan didatangkaannya jutaan buruh dari China untuk mencoblos salah satu Paslon agar sah pencoblosannya dan diakui sebagai etnis Indonesia baru (komunis gaya baru)? Atau adakah hubungannya dengan caleg-caleg kafir China yang sudah sekian persen menduduki parlemen Indonesia? Atau terkaitkah dengan dengan munculnya fenomena ganjil Aliran Kepercayaan dalam e-KTP? Ini jelas ada campur tangan rezim yang disinyalir ingin menghidupkan Nasakom jilid baru.
  • Kalau sudah seperti ini, berarti NU pusat sudah mal’unah beserta seluruh liberalis-pro komunis yang bernaung di bawahnya, karena tidak menggubris Nash-nash Al-Qur’an Hadits dan kutubussalaf, dan menjadikan liberalisme (Islam Nusantara) sebagai agama barunya.
  • “Kata kafir menyakiti sebagian kelompok non-Muslim.” Begitulah argumentasi yang dipaparkan Abdul Muqsith Ghozali selaku Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU di Komisi Maudluiyah Munas NU di Banjar. Dalam tradisi pesantren, sah dan legalkah hal tersebut menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan hukum syar’i? kenapa NU lebih semangat mengotak-atik istilah yang sudah baku dalam Islam? apakah ada pihak-pihak luar (Kafir, Kristen, Cina dll) yang sedang mengancam dan siap menghabisi NU? Ngapain NU ngopeni rasa ketersinggungan kafir yang notabene ahli jahannam? Kok sampai segitunya ya?
  • Abdul Ghofur Maimoen, sebagai pihak yang memimpin komisi Bahtul Masa’il Maudluiyah dalam beberapa kesempatan menyampaikan pembelaannya atas keputusan Munas NU di Banjar. Di antaranya dia berdalih,

الأصل في العلاقة بين المسلمين وغيرهم هو السلم. العلة في الحرب الهجومي للكفار هي الحرابة وليست الكفر

bahkan dengan dasar ini, dia berani membuat istilah Kafir Silmi. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Ta’bir di atas tak lain adalah syubhat liberalisme yang gencar dipasarkan oleh pemikir-pemikir liberal Mesir, seperti M. Rasyid Ridla dan Musthofa as-Siba’i. Pendapat ini melawan konsensus jumhur ashhabil madzahib yang dengan tegas menyatakan الأصل في العلاقة بين المسلمين وغيرهم هو الحرب,  pendapat ini didasarkan beberapa nash-nash agama,

 

وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ (البقرة: 120) لَا يَزَالُونَ يُقَاتِلُونَكُمْ حَتَّىٰ يَرُدُّوكُمْ عَن دِينِكُمْ إِنِ اسْتَطَاعُوا (البقرة: 217) وَدُّوا لَوْ تَكْفُرُونَ كَمَا كَفَرُوا فَتَكُونُونَ سَوَاءً فَلَا تَتَّخِذُوا مِنْهُمْ أَوْلِيَاءَ حَتَّىٰ يُهَاجِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ (النساء: 89)

واستدل أصحاب هذا القول بأدلة كثيرة من القرآن والسنة والمعقول .فأما الأدلة من القرآن فهي على نوعين :
النوع الأول :

آيات تأمر بقتال الكفار مطلقاً كقوله تعالى : “أذن للذين يقاتلون بأنهم ظلموا وإن الله على نصرهم لقدير” [سورة الحج 39]، وقولـه : ” كتب عليكم القتال وهو كره لكم” [سورة البقرة 216]، وقوله : ” يا أيها النبي حرض المؤمنين على القتال”[سورة الأنفال 65]، وقوله :”واقتلوهم حيث ثقفتموهم” [سورة البقرة 191] ، وقوله : ” وقاتلوهم حتى لا تكون فتنة ويكون الدين لله” [سورة البقرة 193]، وقوله “واقتلوا المشركين حيث وجدتموهم” [سورة التوبة 5 ]، وهذه تسمى آية السيف، قيل إنها نسخت مائة وأربعاً وعشرين آية من الآيات التي تأمر بالإعراض عن المشركين والصفح عنهم(25)، وكقوله تعالى أيضاً : وقاتلوا المشركين كافة كما يقاتلونكم كافة” [سورة التوبة 36] وهذه الآية من أهم أدلة أصحاب هذا القول لأن فيها الأمر – كما يرون – بالقتال الجماعي للمشركين كافة، وشبيه بها قوله تعالى : ” يا أيها الذين آمنوا قاتلوا الذين يلونكم من الكفار” [سورة التوبة 123]، وكذلك قوله عز وجل: “قاتلوا الذين لا يؤمنون بالله ولا باليوم الآخر، ولا يحرمون ما حرم الله ورسوله …”[ سورة التوبة 29] .فهذه الآيات وما شابهها مما لم يذكر، تدل على وجوب قتال الكفار مطلقاً دون قيد أو شرط، لأن هذا الفريق يرون أن قتال الكفار هو دعوة إلى الإسلام، وحمل للمخالفين على نبذ كفرهم، واعتناق الإسلام.فإذا كان القتال دعوة إلى الدين فلا يحل تركه مع القدرة عليه بحال من الأحوال .

النوع الثاني :

الآيات التي ورد فيها النهي عن اتخاذ الكافرين أولياء أو القاء المودة إليهم مطلقاً كقوله تعالى:” لا يتخذ المؤمنون الكافرين أولياء من دون المؤمنين” [سورة آل عمران 28]، وقوله :”يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا اليهود والنصارى أولياء بعضهم أولياء بعض، ومن يتولهم منكم فإنه منهم” [سورة المائدة 51]، وقوله : “يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا عدوي وعدوكم أولياء تلقون إليهم بالمودة” [سورة الممتحنة 1]، وقوله :”لا تجد قوماً يؤمنون بالله واليوم الآخر يوادون من حاد الله ورسوله …” [سورة المجادلة] .

ففي هذه الآيات دلالة على وجوب أن لا يكون للمسلمين مع الكفار محالفة أو موالاة أو مودة واطمئنان وثقة. لانطوائهم على الغدر والحقد، وتبييتهم الخيانة والنقض، وانتظار الفرصة المواتية للنيل من المسلمين .

-وأما الأدلة من السنة، فقد ورد الأمر فيها بالقتال حتى تتحقق الغاية من القتال وهي اعتناق الإسلام، ومن الأحاديث الواردة في ذلك قوله صلى الله عليه وسلم : بعثت بين يدي الساعة بالسيف حتى يعبد الله وحده لا شريك له، وجعل رزقي تحت ظل رمحي، وجعل الذلة والصغار على من خالف أمري”(26) ، ومعنى هذا – عند أصحاب هذا القول – أن للسيف المقام الأول في تقرير دعوة التوحيد، ومنها قوله صلى الله عليه وسلم : “أمرت أن أقاتل الناس حتى يقولوا لا إله إلا الله … (27) .

وهذا يدل على أن الأمر بقتال الناس هو من أجل الدخول في الإسلام، فالقتال إذن هو الطريق الأول للدعوة إلى الإسلام وترك الكفر، إلى غير ذلك من الأحاديث الواردة بهذا المعنى .

– وأما الاستدلال بالمعقول، فتقريره : أن من دعوا إلى الإسلام على وجه صحيح لا عذر لهم في البقاء على كفرهم، لأن الله أقام الأدلة القاطعة على وجوده ووحدانيته، وأن دين الإسلام هو دين الحق الذي لا يقبل الله سواه، فلا بد من حملهم عليه قسراً امتثالاً لما ورد في النصوص التي سبق ذكرها .

Jika dia berkelit lagi dengan menggunakan ayat,

لَّا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُم مِّن دِيَارِكُمْ أَن تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ  إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ (الممتحنة: 8)

Maka perlu dia catat bahwa ayat ini untuk urusan kekeluargaan, bukan urusan kenegaraan. Adapun saat ini, kita tidak memerangi orang-orang kafir, itu disebabkan karena kita tidak mempunyai pemerintahan yang melindungi dan menjamin keberlangsungan jihad fi sabilillah. Kami lebih selamat mengikuti fatwa Syaikh Ismail Zein, hal 200-212, yang dengan jelas menyatakan status keharbian non muslim Indonesia, namun karena lidafil mafsadah, kita tidak boleh memeranginya. Apakah Abdul Ghofur Maimoen sudah merasa lebih Alim dari Syaikh Ismail Zein? Ataukah ia sudah tergolong aba wastakbara…?

  • Keputusan Munas NU di Banjar secara eksplisit menganggap perbedaan agama bukanlah sebuah akidah yang prinsipil, NU secara implisit mendidik warganya untuk tidak mempermasalahkan perbedaan agamanya dan mendorong mereka untuk lebih bangga jika berstatus “sederajat” dengan orang-orang kafir. Jika demikian adanya, lalu apa bedanya status Nahdliyyin dan status Komunis? Buat apa amaliyah kesehariannya (tahlilan, istighosah, tawasshul, shalawatan, diba’an dsb) jika bermental komunis-atheis?
  • Saat dalam keadaan terpojok, elit-elit NU seringkali meniru gaya rezim saat ini, yaitu tidak mau mengakui kesalahannya, berusaha mengelak dan mencari-cari pembenaran dengan berkelit dan mentakwil-takwil. Krisis amanah ilmiah dan moralitas memalukan seperti ini sudah seringkali terulang-ulang dalam tubuh NU. Contoh kongkritnya yaitu ketika NU memutuskan keputusan-keputusan kontroversial seperti melegalkan kepemimpinan non muslim dan penghapusan istilah kafir, sebagaimana pemerintah saat ini yang seringkali salah dalam masalah data dan carut-marutnya penerapan kebijakan. Ajaib sekali, karakter keduanya hampir sama persis. Maka tidak heran jika ada yang mengatakan NU kini telah disetir oleh rezim dengan mengucurkan dana besar lewat program Islam Nusantara. Sungguh naas sekali nasibmu kini, wahai NU, tergadaikan!

Demikian ini yang dapat kami sampaikan sebagai wujud kepedulian tinggi kami terhadap Organisasi warisan ulama salafusshalih Ahlussunnah wal Jama’ah agar tidak melenceng terlebih dari substansi orisinalitas agamanya. Semoga Allah SWT menghancurkan pihak-pihak yang ingin merusak NU, dan memberi taufiq dan inayah kepada mereka yang istiqomah merawat dan memperjuangkan NU ala thariqoti salafisshalih Ahlissunnah wal Jama’ah. Amin.

Wallahu a’lamu bisshawab.

Sarang, Jumat, 24 Jumadal Akhirah 1440 H./ 1 Maret 2019 M.

KH. Muhammad Najih Maimoen

18 tanggapan untuk “SIKAP TEGAS KH. M. NAJIH MAIMOEN TERKAIT KEPUTUSAN MUSYKIL MUNAS NU DI BANJAR, JAWA BARAT”

  1. Ketika konsep al-kufr dalam Al-Qur’an dinafikan, kita tunggu saja ‘tanggapan’ Allah swt ketika Ia diusik secara semena-mena.

    Sebagai catatan buat mengingatkan kita semua, bahwa intisari risalah para nabi dan rasul -‘alahim shalawâtullah wa salâmuh- meliputi 5 hal, yaitu :

    1. Tauhidullâh (mengesakan Allah swt).
    2. Iqâmatu dînillâh (menegakkan agama Allah swt (Islam).
    3. Tahqîq ‘ibâdatillâh (merealisasikan penghambaan/peribadatan semata kepada Allah swt).
    4. Al-Tabsyîr (penyampaian kabar gembira tentang adanya ridha Allah swt, pahala, dan surga bagi orang-orang yang beriman, taat, serta beramal salih).
    5. Al-Indzâr (menyampaikan peringatan keras tentang adanya murka Allah swt, dosa, dan neraka bagi orang-orang yang ingkar/kufur).

    Jadi konsep ‘kufur’ dan ‘iman’ itu justru merupakan konsep-konsep paling dasar dalam agama Islam. Tapi, mengapa dihilangkan?!

    Tugas berat bagi saudara-saudara muslim lainnya untuk mengingatkan sebagian kelompok umat Islam yang terlalu berani ‘meralat’ konsep kufur yang termaktub secara sangat jelas di dalam Al-Qur’an dan Al-Sunnah.

    اللهم اغفر لنا وارحمنا

  2. Hai Kafir

    Kira-kira ketika Nabi Muhammad SAW berbicara kepada paman Beliau, yaitu Abu Thalib, apakah memanggilnya kayak gini,”Pir, pir, woi paman kapir, sini luh, pir”.

    Kebayang gak sih punya paman belum masuk Islam, lagi diproses gitu. Terus kita tiap ketemu langsung bilang,”Hei kapir. Apa kabar ente? Masih kapir aja luh?”.

    Jelas gak mungkin mau masuk Islam lah si paman. Kita lagi baik-baikin biar mau masuk Islam. Eh, kok kudu sebut kekafirannya. Kan gak logis.

    Kalau tidak percaya, coba sesekali buka Al-Quran terkait konteks seperti ini. Ternyata justru Al-Quran menyapa mereka dengan sangat santun.

    Misalnya orang yahudi dan nasrani itu seringkali disapa dengan santun,”Wahai ahli kitab”. Atau menyebutkan dinasti dan klan mereka,”Wahai Bani Israil”.

    Padahal kita tahu kebanyakan mereka pada kafir semua. Tapi rasanya tetap beda antara disapa dengan ‘Hai kafir’ dengan disapa dengan ‘Hai ahli kitab’ atau ‘Hai Bani Israil’.

    Meski orang itu kafir, tidak berarti harus selalu ditonjolkan kekafirannya setiap saat. Kadang bisa saja disebut nama kaumnya, nama keluarga bahkan bisa disapa dengan yang lebih santun,”Wahai anak-anak Adam”.

    Malah kalau yang kafir itu bapaknya sendiri, tetap saja dipanggil sebagai Bapak. Bukan Pir, Pir, Kapir, nggak kayak gitu juga. Gak sopan amat nyebut bapak sendiri dengan sapaan kafir. Meski memang kafir, tapi pasti gak suka lah.

    Ayahnya Nabi Ibrahim itu jelas kafir, menyembah berhala pula. Tapi Beliau tidak lantas meyapa sang ayah dengan sebutan ‘hai kafir’. Ibrahim ini seorang nabi lho, jangan sembarangan main tuduh beliau tidak paham bedanya muslim dengna kafir. Tapi coba simak ayat berikut ini dan coba bertadabbur dengan ayat ini :

    إِذۡ قَالَ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ لِمَ تَعۡبُدُ مَا لَا يَسۡمَعُ وَلَا يُبۡصِرُ وَلَا يُغۡنِي عَنكَ شَيۡـٔٗا

    (Ingatlah) ketika dia (Ibrahim) berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Mengapa engkau menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat, dan tidak dapat menolongmu sedikit pun? (QS. Maryam : 42)

    يَٰٓأَبَتِ إِنِّي قَدۡ جَآءَنِي مِنَ ٱلۡعِلۡمِ مَا لَمۡ يَأۡتِكَ فَٱتَّبِعۡنِيٓ أَهۡدِكَ صِرَٰطٗا سَوِيّٗا

    Wahai ayahku! Sungguh, telah sampai kepadaku sebagian ilmu yang tidak diberikan kepadamu, maka ikutilah aku, niscaya aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus. (Qs. Maryam : 43)

    يَٰٓأَبَتِ لَا تَعۡبُدِ ٱلشَّيۡطَٰنَۖ إِنَّ ٱلشَّيۡطَٰنَ كَانَ لِلرَّحۡمَٰنِ عَصِيّٗا

    Wahai ayahku! Janganlah engkau menyembah setan. Sungguh, setan itu durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pengasih. (Qs. Maryam :44)

    يَا أَبَتِ إِنِّي أَخَافُ أَنْ يَمَسَّكَ عَذَابٌ مِنَ الرَّحْمَٰنِ فَتَكُونَ لِلشَّيْطَانِ وَلِيًّا

    Wahai bapakku, sesungguhnya aku khawatir bahwa kamu akan ditimpa azab dari Tuhan Yang Maha Pemurah, maka kamu menjadi kawan bagi syaitan”. (QS. Maryam : 45)

    Empat kali berturut-turut Nabi Ibrahim menyebut ayahnya dengan ungkapan ‘ya abati’. Sebuah panggilan sayang, lebih mesra dari sebedar ya abi. Kira-kira kalau disetarakan jadi ‘wahai ayahanda terkasih’.

    Ibrahim tidak merasa perlu menonjolkan kekafiran ayahnya yang memang kafir itu. Beliau tidak menyapanya dengan,”Wahai ayah yang kafir”. Kata kafirnya dimahdzuf tidak ditampilkan. Apa dengan begitu lantas Nabi Ibrahim berubah jadi munafik? Tidak lah!! Apa Ibrahim terkena paham Islam Liberal? Tidak!!! Apakah Beliau penganut Islam Nusantara? Nggak banget!!!

    So, santai dulu jangan grasa-grusu. Janganlah kebencianmu pada suatu kaum membuatmu berlaku tidak adil. Berlaku adil lah, karena itu lebih dekat kepada taqwa.

    Apalagi main tuduh kesusupan lah, ini lah itu lah. Sabar saudaraku, kita masih sesama orang beriman, masih muslim. Jangan tunjukkan wajah masam bagaikan melihat Fir’aun. Bahkan seorang Musa alaihissalam pun diperintah untuk bertutur kata yang lembut kepada Fir’aun.

    Saudara kita itu bukan Fira’un pastinya. Berlemah lembut lah kepada sesama muslim. Hindari cara-cara kurang santun. Semoga Allah memafkan kita semua.

    Ahmad Sarwat, Lc. MA

  3. Sedihh sekali..alergi dengan pekikan kalimat takbir..alergi dengan bendera tauhid..ayat konstitusi lebih dri dri ayat suci…penghafal alqur an rajin puasa sholat malam bibit teroris dll..tpi dgn sesama muslim getol bicara radikal…fundamentalis..islam diluar nu gk bener semua…agama impor….lemah lembut dgn kafir keras dn tegas ke sesama muslim…sedihhh…

  4. Kalau menurut saya, mungkin ada kesalahpahaman diantara para Ulama saja. Tapi bila sampai bentrok yang ky gini dibiarkan terus menerus maka yang terjadi hanyalah kiamat yang makin dekat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s