Surat Kepada: KH. Luthfi Bashori (MALANG) (Perihal Pluralisme)

Kepada yang terhormat;

KH. Luthfi Bashori

Di

Malang

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله, والصلاة والسلام على رسول الله, سيدنا محمّد بن عبد الله, وعلى آله وصحبه ومن والاه,  أما بعد:

Menurut pandangan kami, Pluralisme adalah paham kufur yang bertentangan dengan ajaran islam, umat islam haram hukumnya mengikuti paham tersebut, Sebagaimana fatwa Majlis Ulama Indonesia (MUI), 21 Jumadil Akhir 1426 H.

Pluralisme agama adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif, oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa agamanya saja yang paling benar sedangkan agama orang lain salah. Pluralisme agama juga mengajarkan bahwa semua pemeluk agama akan masuk dan hidup berdampingan di surga. Ini jelas bertentangan dengan al-Qur’an surat  Ali-Imron ayat 19, Ali-Imron ayat 85, al-Kafirun ayat 6, Al-Ahzab ayat 36, Al-Mumtahinah ayat 8-9, Al-Qoshos ayat 77, Al-An’am ayat 116, Al-Mukminun ayat 71, .dan hadits-Hadit nabi.

Adapun surat Al-Baqoroh ayat 62 yang menjadi andalan orang-orang  Pluralis yang dimaksud adalah membicarakan keselamatan Ahlul Kitab yang risalah Nabi Muhammad SAW tidak sampai kepada mereka. Karena itu, mereka belum diwajibkan beriman kepada Nabi Muhammad SAW. Sebab mereka tidak menemui masa beliau diangkat menjadi nabi dan rasul, sedangkan bagi Ahlul Kitab yang dakwah Islam sudah sampai kepada mereka dan supaya bisa masuk surga maka disyaratkan beberapa syarat, diantaranya:

1). Beriman kepada Allah dengan iman yang benar, yakni iman yang tidak bercampur dengan kemusyrikan dan disertai dengan ketundukan yang mendorong untuk melakukan kebaikan.

2).   Beriman kepada al-Quran yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.

3). Beriman kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul, dengan mengucapkan dua syahadat sebagai syarat seseorang dikatakan muslim, bahkan mayoritas ulama sepakat harus ditambah dengan ucapan: “Tabarro’tu minal Yahudiyyah wan-Nasroniyyah was-Shobiiyyah”.

Dalam masalah aqidah dan ibadah, umat islam wajib bersikap eksklusif, dalam arti haram mencampur-adukkan akidah dan ibadah umat islam dengan akidah dan ibadah pemeluk agama lain. Bagi masyarakat muslim yang tinggal bersama penduduk agama lain (Pluralitas agama), dalam masalah sosial yang tidak ada hubunganya dengan akidah dan ibadah, umat islam bersikap inklusif, dalam arti tetap melakukan pergaulan sosial dengan pemeluk agama lain sepanjang tidak saling merugikan.

Islam mengakui realitas kemajemukan atau pluralistik. Terbukti tatkala tercetus piagam Madinah, Rasulullah SAW menjumpai adanya pemeluk yahudi, Nashrani, beliau tetap menegaskan, bahwa islam adalah agama yang paling benar, bahkan beliau mengirim surat kebeberapa raja Eropa, seperti Heraklius, Muqauiqis berupa ajakan untuk memeluk agama islam.

Dampak Pluralisme adalah pendangkalan akidah. Di negeri ini, Doa bersama lintas agama yang melibatkan tokoh-tokoh NU bukan pemandangan asing lagi, baru-baru ini acara serupa diselenggarakan di Sidoarjo yang melibatkan seorang tokoh  NU, Hasyim Muzadi, .bahkan dialog antar umat beragama, sebuah forum konferensi dialoq antar umat beragama RI-AS atas inisiatif presiden SBY dan Obama baru saja selesai kemarin di Jakarta, Rabu, 27 Januari 2010. selesai acara, 33 tokoh sejumlah agama dari kedua Negara berkeliling Jakarta untuk mengunjungi tempat-tempat ibadah. Yang dikunjungi pertama adalah masjid Istiqlal kemudian gereja Katedral, dua tempat ibadah terbesar diwilayah Jakarta. dalam bingkai ke-Indonesiaan  paham yang membawa misi zionis internasional lewat Gus-Dur ini akan berdampak negatif yaitu memberi peluang akan munculnya aliran-aliran baru, penodaan dan penistaan sebuah agama, sehingga setiap orang bebas menafsirkan suatu agama. memberi peluang dan angin segar terhadap munculnya bahaya Laten Komunis dan Laten China dan lain-lainnya yang diprakarsai oleh Liberalisme, Sekulerisme, Pluralisme serta Neo-Liberalisme untuk  mengeroyok  kita.

Sebagai bukti, Munculnya Partai Komunis Indonesia (PKI) di Facebook lengkap dengan lambang palu arit yang hingga saat ini anggotanya sudah mencapai 2.087 orang dan diperkirakan akan terus bertambah, ini bisa mengganggu kestabilitas Negara dan merongrong kewibawaan Negara dimata dunia internasional.

Usulan beberapa elemen masyarakat yang mengusulkan gelar kepada Gus-Dur sebagai pahlawan nasional, itu bukti intervensi zionis internasional, karena dia pernah meminta kepada masyarakat Aceh untuk menjadikannya sebagai nabinya orang aceh, dia juga pernah mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci yang paling porno sedunia. Ini adalah termasuk bagian dari penistaan dan penodaan terhadap agama islam.

Kedepan, ulama harus bersuara. merapatkan barisan dari semua komponen islam yang ada dengan ghiroh agama yang kokoh dan kontinyu dalam membendung dan menghadang pihak-pihak yang melakukan konspirasi jahat demi membela ajaran yang diridloi oleh Allah SW dengan Menolak keras kandidat-kandidat yang bakal memegang jabatan di Tanfidhiyyah, Syuriyyah dari orang-orang Liberalis, sekuleris, Pluralis,Syi’i dan Wahabis serta paham-paham sesat lainya, guna membebaskan NU dan organisasi-organisasi dibawahnya dari pengaruh paham-paham sesat tersebut, membersihkan muktamar NU dari Money politik dan intervensi asing guna untuk menyelamatkan umat islam dari dekadensi moral dan adzab Allah SWT yang berkepanjangan.

Wallahu ‘alam bhissowab.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


                                                                 Sarang, 13 Shofar 1431 H

H. Muhammad Najih Maimoen

Ribath Darusshohihain PP. Al-Anwar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s