SURAT KEPADA KEMENAG RI (PERIHAL PENETAPAN I SYAWWAL/ HARI RAYA IDUL FITRI)

Kepada Yth;

Bapak Kepala KEMENAG Republik Indonesia

Di –

           JAKARTA

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على سيد المرسلين, وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد:

            Kami selaku bagian dari bangsa Indonesia memberi masukan kepada Kementrian Agama Republik Indonesia mengenai hal penetapan Hari Raya Idul Fitri, I Syawwal 1432 H. Dalam hal ini Kemenag RI selaku Lembaga Pemerintah Republik Indonesia mempunyai kekuasaan penuh dan wewenang untuk memutuskan dan menetapkan Hari Raya Idul Fitri, I Syawwal 1432 H. Kemenag harus punya komitmen yang kuat dan tegas dalam menanggapi perbedaan yang berkembang mengenai hal tersebut dari ormas-ormas Islam yang sudah mengumumkan dan memberikan fatwa tentang Hari Raya Idul Fitri, I Syawwal 1432 H, padahal ormas-ormas Islam tersebut, baik NU, Muhammadiyah dan ormas-ormas Islam lainnya tidak mempunyai wewenang dalam hal ini. Perbedaan tersebut hanya akan menambah perpecahan dikalangan Umat Islam yang tidak kita temukan di Negara-negara selain Negara Indonesia, faktor utamanya adalah ormas-ormas Islam tersebut berani mengumumkan dan memberi fatwa tentang masuknya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1432 H. Hanya Pemerintah Republik Indonesia (Ulil Amri) yang berhak memutuskannya.

Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman,taatilah Allah dan rasul-Nya dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat diantara kamu,maka kembalilah kepada Allah (alQuran) dan rasulnya (assunnah) jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” (QS.An-Nisa’ 59)

            Kemenag sebagai Lembaga Negara harus punya konsep dan method tersendiri untuk memutuskan Hari Raya Idul Fitri. Lembaga ini masih punya ulama dan kyai yang Ahli dalam hal ini. Mintalah masukan dari beliau-beliau karena Negara akan lebih kuat dan berwibawa di mata masyarakat kalau ulama dan umara’ bersatu, saling mengisi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

            Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita dan menampakkan kebenaran kepada kita bahwa itulah yang haq dan mengaruniakan kepada kita untuk mengikutinya. Dan menampakkan yang bathil kepada kita bahwa itulah yang bathil,dan mengaruniakan kepada kita untuk meninggalkannya.

            Amin……

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Rembang, 27 Agustus 2011 M.

 

KH. Muh. Najih Maimoen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s